A27_CHARLES KRISTIAN RAMADANI_TUGAS MANDIRI 1
A. Pilihan Ganda
- Bahasa
Indonesia berfungsi sebagai alat konseptualisasi gagasan. Hal ini
menunjukkan peran bahasa sebagai...
a. Alat komunikasi sehari-hari
b. Alat pikir dan ekspresi intelektual
c. Simbol identitas daerah
d. Sarana hiburan semata
- Dalam
konteks dunia akademik, salah satu tantangan utama penggunaan Bahasa
Indonesia adalah...
a. Kurangnya penutur asli
b. Dominasi bahasa asing dan kurangnya padanan
istilah ilmiah
c. Tidak adanya jurnal ilmiah nasional
d. Kaidah tata bahasa yang terlalu rumit
- Teks
ilmiah berfungsi sebagai jembatan ilmu karena...
a. Ditulis dengan bahasa yang puitis
b. Menghubungkan pengetahuan penulis dengan
pemahaman pembaca
c. Selalu diterbitkan dalam dua bahasa
d. Hanya bisa diakses oleh akademisi tertentu
- Salah
satu syarat penulisan karya ilmiah yang baik adalah...
a. Menggunakan bahasa gaul yang kekinian
b. Kepatuhan terhadap kaidah EYD dan PUEBI
c. Panjang tulisan yang tidak terbatas
d. Hanya menggunakan istilah asing
- Upaya
internasionalisasi Bahasa Indonesia dapat dilakukan melalui cara berikut,
KECUALI...
a. Publikasi jurnal berbahasa Indonesia yang terindeks global
b. Kolaborasi riset dengan abstrak bilingual
c. Mengganti bahasa pengantar di semua sekolah
dengan bahasa Inggris
d. Program pengajaran BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing)
- Dasar
hukum kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara ditetapkan dalam...
a. Sumpah Pemuda 1928
b. Undang-Undang Dasar 1945
c. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
d. Keputusan Presiden pertama
- Fungsi
bahasa Indonesia yang menyatukan keragaman budaya dan etnis di Indonesia
dikenal sebagai fungsi...
a. Komunikatif
b. Edukatif
c. Identitas Nasional
d. Ilmiah
- Lembaga
pemerintah yang bertugas mengembangkan dan membina Bahasa Indonesia
adalah...
a. LIPI
b. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan
Bahasa)
c. Kementerian Luar Negeri
d. UNESCO
- Salah
satu strategi untuk memartabatkan Bahasa Indonesia di ranah ilmu
pengetahuan adalah...
a. Pengembangan istilah baru yang sesuai kaidah
b. Menghindari penggunaan bahasa Indonesia dalam diskusi ilmiah
c. Menerjemahkan semua jurnal internasional ke bahasa daerah
d. Hanya menggunakan bahasa Indonesia untuk sastra
- Menurut
modul, bahasa Indonesia berkembang menjadi bahasa ilmu, hukum, pendidikan,
dan teknologi. Hal ini menunjukkan...
a. Bahasa Indonesia kaku dan tidak berkembang
b. Kedudukan bahasa Indonesia yang dinamis dan
multifungsi
c. Bahasa Indonesia hanya untuk kepentingan formal
d. Fungsi bahasa Indonesia semakin menyempit
B. Isian Singkat
- Bahasa bukan sekadar alat komunikasi,
tetapi juga medium berpikir dan mengekspresikan gagasan.
- Dalam Sumpah Pemuda 1928, Bahasa
Indonesia diikrarkan sebagai bahasa persatuan.
- Salah satu fungsi bahasa Indonesia
adalah sebagai bahasa ilmu pengetahuan untuk
menyusun dan menyebarluaskan gagasan akademik.
- Program
yang dirancang untuk mengajarkan Bahasa Indonesia kepada penutur asing
disebut BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing).
- Penulisan karya ilmiah menuntut
ketepatan bahasa dan kejelasan struktur kalimat.
- Membaca kritis meliputi analisis struktur,
pemahaman makna, dan evaluasi argumentasi dalam sebuah teks ilmiah.
- Kedudukan bahasa Indonesia sebagai
bahasa negara berarti digunakan dalam
administrasi, pendidikan, dan hukum.
- Pengembangan kosakata ilmiah diperlukan untuk mengatasi
tantangan kurangnya padanan istilah dalam bahasa Indonesia.
- Upaya memartabatkan bahasa Indonesia
dapat dilakukan melalui penelitian, publikasi ilmiah, dan
peningkatan literasi akademik.
- Salah satu buku rujukan utama
untuk tata bahasa baku Indonesia adalah buku Tata Bahasa Baku
Bahasa Indonesia yang disusun oleh Anton M. Moeliono.
C. Soal Esai
1. Jelaskan mengapa bahasa Indonesia disebut
sebagai "wahana intelektual dan ilmiah" dan
berikan minimal dua contoh konkret perwujudannya
dalam dunia akademik!
Bahasa Indonesia disebut sebagai wahana intelektual dan ilmiah karena
berfungsi sebagai sarana berpikir, menulis, dan menyampaikan gagasan ilmiah
secara sistematis. Melalui bahasa Indonesia, masyarakat akademik dapat
mengembangkan pengetahuan dan menyalurkannya kepada publik secara luas. Bahasa
ini menjadi media utama dalam menumbuhkan daya nalar dan logika berpikir
ilmiah.
Contoh perwujudannya antara lain:
· Penulisan skripsi, tesis, dan
disertasi menggunakan bahasa Indonesia baku dan ilmiah.
· Publikasi jurnal ilmiah nasional yang
menggunakan bahasa Indonesia untuk menyebarkan hasil penelitian kepada
masyarakat luas.
2. Analisislah hubungan antara
"bahasa" dan "pembangunan ilmu pengetahuan" di
Indonesia! Mengapa penguatan peran bahasa Indonesia
dianggap crucial (sangat penting) dalam konteks ini?
Bahasa memiliki hubungan yang erat dengan pembangunan ilmu pengetahuan
karena menjadi sarana utama dalam berpikir, memahami, dan mengomunikasikan ide
atau hasil penelitian. Tanpa bahasa yang kuat dan baku, pengembangan ilmu akan
terhambat karena kesulitan dalam mentransfer pengetahuan. Oleh karena itu,
penguatan bahasa Indonesia sangat penting agar ilmu pengetahuan di Indonesia
dapat berkembang secara mandiri, tidak selalu bergantung pada bahasa asing.
Dengan memperkuat penggunaan bahasa Indonesia di ranah akademik, identitas
nasional pun akan semakin kokoh dan relevansi ilmu dengan konteks sosial budaya
Indonesia semakin meningkat.
3. 3. Berdasarkan modul, terdapat sejumlah
tantangan dalam memartabatkan bahasa Indonesia
sebagai bahasa ilmu. Identifikasi dua tantangan utama tersebut dan
proposalkan satu solusi strategis untuk
mengatasi masing-masing tantangan!
Tantangan pertama adalah dominasinya bahasa asing, terutama
bahasa Inggris, dalam publikasi ilmiah yang membuat bahasa Indonesia kurang
diminati di ranah akademik. Tantangan kedua adalah kurangnya padanan
istilah ilmiah yang baku dalam bahasa Indonesia, sehingga banyak
akademisi lebih memilih menggunakan istilah asing.
Solusi strategisnya antara lain:
- Untuk
menghadapi dominasi bahasa asing, perlu peningkatan kualitas dan
jumlah jurnal nasional berbahasa Indonesia yang terakreditasi
internasional.
- Untuk mengatasi kekurangan istilah
ilmiah, perlu dilakukan pengembangan kosakata dan kamus istilah
ilmiah secara berkelanjutan oleh lembaga bahasa dan akademisi.
4. 4. Jelaskan perbedaan mendasar antara
kedudukan bahasa Indonesia sebagai "bahasa nasional"
dan sebagai "bahasa negara"! Berikan satu contoh penggunaan
untuk masing-masing
kedudukan tersebut.
Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional berarti
bahasa ini berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa di tengah keberagaman suku
dan budaya di Indonesia. Bahasa nasional digunakan dalam kehidupan sehari-hari
untuk mempererat komunikasi antardaerah. Sedangkan sebagai bahasa
negara, bahasa Indonesia berperan resmi dalam bidang pemerintahan,
pendidikan, hukum, serta administrasi kenegaraan.
Contohnya, sebagai bahasa nasional digunakan dalam interaksi sosial
antarsuku, sedangkan sebagai bahasa negara digunakan dalam dokumen
resmi pemerintahan dan undang-undang.
5. 5. Menurut Anda, bagaimana peran generasi
muda (mahasiswa) dalam upaya internasionalisasi
bahasa Indonesia? Sebutkan minimal dua aksi nyata yang dapat
dilakukan.
Generasi muda, terutama mahasiswa, memiliki peran penting sebagai agen
penyebar bahasa Indonesia di kancah global. Mereka menjadi motor penggerak
dalam memperkenalkan bahasa Indonesia kepada dunia melalui karya dan aktivitas
akademik. Upaya ini dapat dilakukan dengan beberapa aksi nyata
seperti:
- Menulis karya ilmiah,
artikel, atau jurnal berbahasa Indonesia yang bermutu dan
dipublikasikan secara luas.
- Berpartisipasi dalam program
BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) atau kegiatan
pertukaran pelajar internasional yang memperkenalkan bahasa Indonesia
kepada masyarakat dunia.
Komentar
Posting Komentar