A27_CHARLES KRISTIAN RAMADANI_TUGAS MANDIRI 2A
Ringkasan
Materi Pembelajaran 2: Bahasa Indonesia sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan
Bahasa Indonesia memiliki peran strategis dalam
perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Sebagai bahasa negara, bahasa
Indonesia bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi sosial, tetapi juga
sebagai bahasa ilmu yang menjadi sarana pengembangan, penyebaran, dan
pewarisan pengetahuan di berbagai bidang. Dengan demikian, bahasa Indonesia
berperan sebagai penghela ilmu pengetahuan, yakni penggerak dan
pendukung utama kemajuan ilmu di tingkat nasional.
Sebagai bahasa ilmu, bahasa Indonesia digunakan
dalam kegiatan akademik seperti penulisan karya ilmiah, penelitian, dan
publikasi ilmiah. Bahasa Indonesia memungkinkan masyarakat luas memahami hasil
penelitian tanpa hambatan bahasa. Selain itu, bahasa Indonesia berfungsi untuk
membentuk pola pikir ilmiah yang logis, sistematis, dan objektif, sesuai kaidah
kebahasaan dan struktur penalaran ilmiah. Melalui bahasa Indonesia yang baku
dan ilmiah, ide-ide ilmuwan dapat disampaikan secara efektif dan dapat dipertanggungjawabkan
secara akademis.
Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah
rendahnya penggunaan bahasa Indonesia dalam publikasi ilmiah internasional
serta dominasi bahasa asing dalam dunia akademik. Oleh karena itu, diperlukan
upaya penguatan fungsi bahasa Indonesia melalui peningkatan kualitas penulisan
ilmiah, penerjemahan karya ilmiah global ke dalam bahasa Indonesia, serta
dorongan bagi perguruan tinggi untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam
bahasa nasional.
Dengan demikian, bahasa Indonesia tidak hanya
menjadi simbol identitas bangsa, tetapi juga wahana utama pembangunan ilmu
pengetahuan yang inklusif dan berakar pada budaya sendiri. Penguatan peran
bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan akan menjadikan bangsa
Indonesia mandiri secara intelektual dan berdaulat dalam ilmu pengetahuan.
Komentar
Posting Komentar